DASAR PEMIKIRAN
- Makin kompleksnya permasalahan anak kebutuhan khusus dalam hal layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya
- Perlunya stimulasi layanan pendidikan agar perkembangan anak optimal
- Masih kurangnya pusat layanan penanganan anak kebutuhan khusus yang terintegrasi dengan lembaga pendidikan
- Masih kurangnya tenaga profesionl yang berbasis pendidikan dalam menangani anak kebutuhan khusus
- Jumlah anak kebutuhan khusus yang cenderung meningkat akibat dari globalisasi
- Pasar yang membutuhkan masih terbuka karena untuk masyarakat ekonomi kelas menengah ke atas layanan yang maksimal
TUJUAN
1. Mendukung layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus
2. Analisis Pasar bagi pusat layanan
3. Pengembangan dalam hal profesionalisme tenaga ortopedagog
4. Menggambarkan fasilitas, sarana dan prasarana yang dibutuhkan
Profil pusat layanan
- Pusat layanan ini berbentuk klinik yang terintegrasi, dalam hal ini akan melibatkan tenaga ortopedagog, psikolog dan medis
- Lembaga berbentuk profit dan non profit
- Sifatnya laboratorium
- Pelayanan yang dikembangkan individual
- Program yang diberikan antara lain : 1. Terapi sensori integrasi, 2. Terapi okupasi terapi, 3. Terapi permainan, 4. Terapi akademis, 5. Home on Training